Bacalah Karangan Eksposisi Ciri Pemakai Narkoba Terbaru !

Karangan eksposisi tentang narkoba – Halo Sobat Prbahasa, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh karangan eksposisi tentang narkoba. Karangan kali akan menjabarkan tentang ciri-ciri atau karakteristik dari para pengguna Narkoba. 

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi di bawah ini adalah salah satu jenis karangan eksposisi tentang narkoba yang berjudul ciri-ciri pemakai narkoba. Selamat membaca!


Ciri – ciri Pengguna Narkoba

Narkoba merupakan salah satu zat adiktif yang dapat menyebabkan pengunanya kecanduan. Aktifitas kecanduan di sebut sakau. Narkoba merupakan obat – obatan terlarang dan berbahaya bagi manusia. Narkoba semakin banyak di knsumsi oleh orang – orang khususnya remaja yang masih mudah terpengaruh oleh dunia luar. Efek dari penggunaan narkoba adalah perasaan senang dan bahagia yang di timbulkan. Selain itu, penggunaan narkoba menyebabkan orang seperti terbang atau biasa disebut dengan nge-fly
Para pengguna narkoba beralasan bahwa narkoba membantu mereka melupakan masalah mereka padahal justru membuatnya semakin rumit. Orang – orang yang  menggunakan narkoba biasanya sulit di kenali apabila masih dalam tahapan awal penggunaan. Akan tetapi apabila pengguna narkoba sudah mulai ketahap yang lebih serius maka tanda – tandanya akan terlihat jelas dan dapat di kenali dengan mudah. Pengguna narkoba harus di tangani lebih awal sebelum menjadi parah karena penggunaan yang terus – menerus. Berikut ini merupakan tahapan – tahapan kondisi ketergantungan pengguna narkoba.
 
Tahapan yang pertama yaitu Experimental use. Ini merupakan tahapan pertama penggunaan narkoba, seperti namanya experimental use merupakan tahap coba – coba seseorang dalam menggunakan narkoba. Mereka adalah para pengguna yang baru mengenal narkoba dan belum menggunakannya secara intensif. Tujuan mereka adalah untuk memenuhi rasa ingin tahu akan narkoba. Biasanya, dalam tahapan awal ini si pengguna belum menunjukan tanda – tanda apapun baik secara fisik, maupun prilaku.
 
Tahapan selanjutnya yaitu Social use. Tahap ini merupakan tahapan kedua penggunaan narkoba. Setelah pengguna merasa nyaman akan efek narkoba yang di timbulkan maka mereka akan mulai tertarik dengan narkoba. Pada tahap pertama, mereka menggunakanya dengan tujuan untuk memenuhi rasa ingin tahu, akan tetapi dalam tahap ini pengguna mulai melakukanya dengan tujuan untuk rekreasi atau hiburan. Mereka meningkatkan intensitas penggunaan narkoba, akan tetapi masih terkontrol. Dalam tahapan ini, pengguna belum menemui masala sosial seperti finansial dan hubungan dengan masyarakat, dikarenakan mereka masih dapat mengintol diri.
 
Tahapan yang ketiga adalah early problem use. Dalam tahapan ini, pengguna sudah mulai berada dalam kondisi berbahaya. Early problem use adalah penggunaan narkoba dengan tingkat keseringan yang lebih tinggi sehingga penggunanya pun mulai berada dalam tahap perubahan sikap, prilaku, serta fisikknya. Dalam kondisi ini pengguna cenderung menimbulkan banyak masalah, contohnya sebagai berikut:

Mudah emosi
Sensitif
Menjauhkan diri dari pergaulan
Jarang pulang kerumah
Menjadi sosok yang sangat tertutup
Malas bersekolah apabila ia seorang pelajar
Sering tertidur
Tidak memiliki energy
Lemah
Katung mata membesar
Sering kedinginan karena mulai ketagihan atau sakau.
Dan lain sebagainya
 
Dalam tahapan ini pengguna sudah membutuhkan perawatan, dilihat dari masalah – masalah yang mulai di timbulkan beranjak menjadi serius.

Tahapan tertinggi yaitu several addictions. Ini merupakan tahap paling berbahaya bagi seorang pengguna karena dalam tahapan ini mereka mulai tidak bisa hidup tanpa narkoba. Biasanya mereka mulai mengalami kesulitan finansial dan tidak sedikit dari mereka yang berahir menjadi pencuri, dalam tingkatan ini tubuh seorang pengguna tidak bisa bertahan tanpa narkoba biasanya mereka akan merasa kesakitan apabila tubuh mereka mulai meminta narkoba dan tidak di penuhi. Pengguna akan merasa sangat kesakitan oleh karena itu mereka akan melakukan segala cara demi bisa mendapatkan narkoba dan merekdakan rasa sakit di tubuhnya. Selain itu, dalam tahapan ini pengguna akan berubah drastif mulai dari fisik maupun tingkah laku. Contohnya sebagai berikut:
 

Emosional
Penyendiri
Tidak memperdulikan perasaan orang lain
Cara bicaranya mulai kasar
Kadang menjadi orang yang percaya diri
Kadang menjadi pengecut
Mata memerah
Bola mata menyempit
Kelopak mata gelap
Kantung mata besar
Banyak menguap
Sering muntah – munta
Merasa kedinginan meski cuaca sedang panas
Tidak bisa fokus
Badan kurus kerontang
Rambut rontok
Lidah menguning
 
Tidak sedikit pengguna narkoba yang ahirnya mati ketika sampai pada tahapan ini karena tubuh tidak dapat lagi menerima obat tersebut dan organ – organ dalam tubuh si penggunapun mulai rusak sehingga sulit untuk bertahan hidup. Waspada akan gejala – gejala pengguna narkoba sangat penting bagi kita, untuk memonitor orang di sekitar kita karena pengguna narkoba saat ini telah meluas serta akses untuk mendapatkan narkoba juga mudah.



Demikianlah artikel kali ini mengenai karangan eksposisi. Semoga contoh karangan eksposisi ini dapat membantu atau menginspirasi Sobat dalam membuat karangan-karangan eksposisi lainnya. Baiklah cukup sampai di sini perjumpaan kita kali ini dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Baca Contoh Teks Dialog 3 Orang tentang Pendidikan !

Contoh teks percakapan antara 3 orang tentang perkuliahan – Halo Sobat Bahasa ! Berjumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan sebuah contoh teks percakapan yang dilakukan oleh 3 orang tentang rencana yang akan mereka lakukan setelah lulus dari SMA.
Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah contoh teks percakapan bahasa Indonesia tentang pendidikan yang dilakukan oleh 3 orang sahabat. Selamat membaca!

Teks Percakapan 3 Orang

Ratih  : alhamdullilah ahirnya kita lulus sma juga ya!

Dinda : iya, aku tidak menyangka secepat ini tiga tahun di sma kita ya.

Diah   : sekarang kita tinggal memikirkan kemana kita selanjutnya. Kalian mau daftar kuiah dimana?
Ratih  : aku sih di Unila saja yang dekat dengan rumahku.

Dinda : aku juga sepertinya di unila saja, kamu mau daftar dimana Diah?

Diah   : aku sebenarnya ingin daftar di Universitas Negri Malang, karena ibuku juga setuju aku kuliah di sana. 

Ratih  : wah, bagus lah itu kan universitas yang suah terkenal juga. Kamu mau mendaftar jurusan apa?

Diah   : iya, aku ingin daftar jurusan Menejemen, aku kan dari ips dan aku juga tertarik dengan akuntansi. Kalau kalian mau ambil jurusan apa di Unila?

Dinda : aku sih maunya pendidikan saja, cita – citaku dari dulu kan guru. 

Ratih  : kalau aku sih maunya ambil jurusan matematika murni. Soalnya aku kan emang suka sekali matematika. Kamu mau ambil pendidikan apa dinda?
 
Dinda : mungkin aku mau ambil pendidikan bahasa Inggris saja,
 
Diah   : kenapa? Kan bahasa inggris lumayan susah.
 
Dinda : memang, aku juga kurang dalam hal bahasa inggris, tapi prospek kerja jurusan bahasa inggrs lebih luas tidak hanya menjadi guru. Sedangkan jurusan lain aku kan sulit dalam hal hitung – menghitung jadi aku ambil jurusan yang gak ada hubunganya sama hitung – hitunganya.
 
Diah  : bener tuh, apalagi kan sekarang bahasa inggris selalu dipakai dan penting banget buat semua orang, bukan cuma mahasiswa dari pendidikan bahasa inggris kan, semua jurusan juga harus bisa bahasa Inggris.
 
Ratih  : bener banget tuh, apalagi kalo mau dapat beasiswa ke luar negri syarat utamanya kan kemampuan bahasa inggris. Wah, Dinda kamu pilih jurusan yang bagus nanti aku bisa minta tolong ajarin bahasa inggris ya kalo kita diterima di unila.
 
Dinda  : amiin, semoga kita diterima. Aku juga pengen kuliah ke luar negeri soalnya, banyak teman – teman kaka ku yang jurusan bahasa inggri dapat beasiswa ke luar negeri seperti Amerika dan Australia.

Diah  : bagus itu, aku juga pengen dapet beasiswa kesana, melanjutkan S2 ke Jepang yang paling aku mau, soalnya kan jepang negara orang yang giat dan indah sekali pemandanganya.
 
Dinda : iya, mahasiswa Indonesia juga banyak yang kesana, kalo aku sih maunya ke Singapura, yang dekat dengan Indonesia jadi bisa lebih sering pulang. Dan kebanyakan dari mereka juga orang muslim jadi tidak terlalu sulit menyesuaikan diri di sana.
 
Ratih  : wah baru mau masuk kuliah udah kebayang S2 nya. Masih lama itu.
 
Dinda : tidak apa – apa, berarti kan kita sudah punya rencana. Kalo kamu maunya S2 dimana ratih?
 
Ratih : aku juga sih pengen keluar negri apalagi korea, sepertinya keren.
 
Diah  : kamu pasti mau ketemu artis korea  favoritmu itu kan? Aku tahu maksud tersembuyimu
 
Ratih : kamu benar, aku memang pengen ketemu artis korea kesayanganku, kan sekalian belajar di sana. Aku juga lumayan bisa bahasa Korea kok jadi tidak terlalu susah buat komunikasi di sana.
 
Dinda : yang penting bisa ke luar negri kuiah di sana juga sudah seneng. Kapan kalian mau daftar SBMPTN kita sama – sama ya ?
 
Ratih  : bagaimana kalau hari rabu, aku emang niatnya hari rabu mau daftar.
 
Diah   : oke aku juga kosong kok hari rabu.
 
Dinda : yasudah kita ketemu di ruma diah ya yang searah.
 
Diah    : oke aku tunggu.




Demikianlah artikel kali ini tentang percakapan 3 orang dalam bahasa Indonesia. Selain contoh di atas, Sobat juga dapat membaca contoh lainnya, seperti contoh percakapan 2 orang, dan contoh percakapan 4 orang dalam bahasa Indonesia. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel-artikel ini dapat menjadi manfaat yang menarik untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Definisi & Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen Detail

Definisi dan Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen – Hay hay Sobat Bahasa ! Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan membahasa mengenai apa itu silogisme dan entimen beserta dengan contoh paragrafnya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah pembahasan silogisme dan entimen secara menyeluruh. Selamat membaca!

Paragraf Silogisme

Paragraf silogisme merupakan paragraf yang dikembangkan dengan pola pikir silogisme. Silogisme adalah jenis penalaran deduktif yang digunakan oleh seseorang untuk menyusun suatu argumentasi. Deduktif yaitu salah satu teknik mengambil kesimpulan dalam sebuah tulisan. 
Terdapat dua premis dalam paragraf silogisme dan satu kesimpulan. Premis merupakan pernyataan yang dijadikan sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Kedua premis tersebut yaitu premis umum (premis mayor) dan premis khusus (premis minor).
 

A. Bentuk Silogisme

Silogisme terdiri dari dua buah premis: premis umum (PU) dan premis khusus (PK), dan satu kesimpulan.
 
PU : Berupa pernyataan yang menyatakan sebuah kumpulan atau kelompok tertentu yang memiliki sifat atau ciri tertentu.
PK : Berupa pernyataan yang menyatakan salah satu anggota dari kumpulan atau kelompok tersebut.
Kesimpulan : Menyatakan bahwa salah satu anggota kelompok memiliki sifat atau ciri dari kumpulan atau kelompok tersebut.
 
Rumus
 
PU : A = B
PK  : C = A
K    : C = B
 
Contoh 1
 
PU : Semua guru pintar mengajar.
PK  : Intan adalah seorang guru.
K    : Intan pintar mengajar.
 
 
Contoh Paragraf:
 
Semua guru pintar mengajar. Kepintaran para guru dalam mengajar sudah terbukti dari gelar yang mereka dapatkan setelah lulus dari perguruan tinggi. Sementara itu, Intan adalah seorang guru. Maka dapat dikatakan bahwa Intan adalah guru yang pintar mengajar.

Contoh 2
 

PU : Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan.
PK  : Ikan paus adalah hewan mamalia.
K    : Ikan paus berkembang biak dengan cara melahirkan.

Contoh Paragraf:
 

Semua hewan mamalia berkembang biak dengan proses mengandung dan melahirkan anaknya. Sementara itu, ikan paus adalah jenis ikan yang termasuk dalam kategori mamalia. Oleh karena itu, ikan paus berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya.
 

B. Jenis-Jenis Silogisme

1. Silogisme Golongan
 
Terdapat dua premis dan satu kesimpulan pada jenis silogisme ini. Kedua premis tersebut yaitu premis umum dan premis khusus.
  • Premis umum menyatakan bahwa terdapat gologan atau kelompok tertentu memiliki sifat atau hal tertentu.
  • Premis khusus menyatakan bahwa seseorang atau sesuatu adalah anggota dari kelompok tersebut.
  • Kesimpulan  menyatakan bahwa anggota tersebut memiliki sifat atau hal tersetntu dari golongan atau kelompok tersebut.
Rumus:
 
PU : A = B
PK : C  = A
K   : C  = B
 
Keterangan:
 
PU : Premis Umum
PK : Premis Khusus
K : Kesimpulan 
Contoh Silogisme Golongan:
 
PU : Semua hewan mamalia bernafas dengan paru-paru
PK : Kucing adalah hewan mamalia
K : Kucing bernafas dengan paru-paru

 

2. Silogisme Negatif
 
Ciri-ciri silogisme negatif yaitu adanya penggunaan kata bukan atau tidak pada kedua premis dan kesimpulan. Jika salah satu premis bersifat negatif, maka kesimpulannya juga negatif.
 
Contoh Silogisme Negatif:
 
PU : Semua siswa SMAN 9 angkatan tahun 2015/2016 lulus ujian nasional.
PK : Jono adalah siswa SMAN 9.
K : Jono lulus ujian nasional.

 
3. Silogisme yang Salah
 
Silogisme yang salah merupakan jenis silogisme dimana kesimpulan yang ditarik dari kedua premis memunculkan kesalahan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam menarik kesimpulan, maka merumuskan kesimpulan suatu premis haruslah cermat. 
Untuk mencegah kesalahan tersebut, maka hal-hal dibawah ini perlu diperhatikan:
 
a. Dua premis khusus akan menghasilkan kesimpulan yang diragukan.
 
Contoh

PK    : Rina diterima sebagai mahasiswa Universitas Sriwijaya.
PK    : Rina adalah anak yang sholehah
K    : Rina yang sholehah diterima sebagai mahasiswa Universitas Sriwijaya. (?)
(Semua premis merupakan premis khusus sehingga tidak bisa ditarik kesimpulan)

b. Dalam premis khusus, A tidak menjadi predikat. C tidak dihubungkan dengan A, tetapi dengan B. Jadi, kedua premis (premis umum dan premis khusus) dihubungkan dengan B. dengan demikian, kesimpulan yang dihasilkan diragukan.
 

Contoh
PU    : Semua anggota Karang Taruna adalah anak yang pintar.
PK    : Arin Septiyani adalah anak yang pintar.
K    : Arin Septiyani adalah anggota Karang Taruna.

c. Dua premis negatif akan menghasilkan kesimpulan yang diragukan.
 

Contoh
PU    : Semua pengendara sepeda tidak memerlukan SIM.
PK    : Zia bukan pengendara sepeda.
K    : Zia memerlukan SIM. (?)

d. Jika premis umum tidak menyatakan semua anggota kelompk, maka kesimpulan yang dihasilkan akan diragukan.
 

Contoh
PU    : Tidak semua siswa SMA Dahulu Kala adalah peserta olimpiade.
PK    : Yoni adalah peserta olimpiade.
K    : Yoni adalah siswa SMA Dahulu Kala. (?)

 

4. Entimen
Entimem merupakan silogisme yang diperpendek. Entimem merupakan bentuk silogisme dimana premis umum tidak disebutkan, dan kesimpulan disebutkan dengan diikuti premis khusus sebagai penyebab.
 
Jika dirumuskan, yaitu:
 
C = B, karena C = A
 
Definisi dan Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen – Hay hay Sobat Bahasa ! Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan membahasa mengenai apa itu silogisme dan entimen beserta dengan contoh paragrafnya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah pembahasan silogisme dan entimen secara menyeluruh. Selamat membaca!

Paragraf Silogisme

Paragraf silogisme merupakan paragraf yang dikembangkan dengan pola pikir silogisme. Silogisme adalah jenis penalaran deduktif yang digunakan oleh seseorang untuk menyusun suatu argumentasi. Deduktif yaitu salah satu teknik mengambil kesimpulan dalam sebuah tulisan.

2 Contoh Paragraf Pertentangan dan Definisi Terbaik

Contoh paragraf pertentangan – Sobat, tahukah Anda bahwa paragraf pertentangan dan paragraf perbandingan adalah salah satu jenis paragraf eksposisi. Nah, pada artikel yang lalu, kita telah tuntas membahasa paragraf perbandingan, artikel kali ini akan menyajikan contoh paragraf pertentangan.

Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan paragraf pertentangan tersebut ? Yap, paragraf pertentangan adalah suatu paragraf yang membandingkan suatu hal atau topik tertentu dengan melihat perbedaan-perbedaannya. Tidak seperti paragraf perbandingan, paragraf ini biasanya lebih mengunggulkan salah satu objek atau topik yang dibandingkan. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah dua buah contoh paragraf pertentangan. Selamat membaca!


Paragraf Pertentangan


Contoh 1
 
Orang pendiam biasanya tidak banyak dikenal baik orang. Orang pendiam biasanya misterius akan tetapi sangat menarik. Meskipun orang pendiam tidak banyak bicara tapi ketika orang tersebut bicara meskipun hanya sedikit maka akan banyak di ingat orang. Selain itu, diamnya akan sealalu membuat orang penasaran dengan jati diri orang tersebut. Orang yang pendiam memang kurang menunjukan diri pada khalayak ramai, meskipun begitu mereka biasanya memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh orang lain. Mereka biasanya cukup unik dan berbeda dengan yang lain. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang pendiam memiliki pemikiran yang lebih kompleks dari orang yang banyak bicara. Orang pendiam selalu berfikir kembali sebelum mengatakan atau menyatakan sesuatu karena mereka memiliki pemikiran yang kompleks. Mereka selalu memperhitungkan kata – kata mereka apakah akan menyakiti orang lain atau tidak, apakah memiliki manfaat atau tidak . Jika dibandingkan orang yang banyak bicara, omongan orang – orang pendiam lebih berbobot dan memiliki pengaruh yang lebih besar, karena orang yang banyak bicara berfikir lebih cepat bukan lebih kritis dalam memproduksi kalimat yang akan mereka bicarakan. Kebanyakan orang memang lebih tertarik dengan orang yang pandai bicara ketimbang kepada mereka yang pendiam, karena dinilai lebih menarik dan menyenangkan akan tetapi bagi sebagian orang, orang yang pendiam sangat menarik dan membuat mereka penasara. Oleh karena itu, tidak semua orang pendiam itu tidak menarik dan bodoh, sebagian besar dari maereka memiliki sisi yang belum diketahui orang lain.

 

Contoh 2
 
Pergaulan anak muda kini semakin moderen, mulai dari perkembangan telepon genggam hingga fashion. Pergaulan yang seperti ini sebenarnya menimbulkan lebih banyk efek buruk ketimbang baiknya. Perkembangan yang serba moderen membuat peluang kejahatan  semakin meningkat. Bukan hanya kejahatan, munculnya silent generation di kalangan masyarakat juga erupakan dampak dari perkembangan zaman yang semakin moderen. Berbeda jauh dengan zaman dahulu dimana teknologi merupakan hal yang mewah. Tidak semua golongan masyarakat dapat menikmati manisnya teknologi. Jaman dahulu memang terkesan kuno tapi tingkat kejahatan tidak setinggi ini, karena pada jaman moderen ini mudah sekali mengakses segala hal hanya dengan internet, semuanya serba otomatis, sedangkan jama dahulu semuanya serba manual. Hal ini menjadi ancaman bagi pegaulan anak muda jaman sekarang karena mereka sangat tertarik dengan teknologi sehingga dapat dengan mudah terbodohi. Mudahnya akses internet menyebabkan pergaulan anak semakin rawan terkena efek buruk seperti pornografi, berbeda dengan jaman dahulu, yang terbilang sulit mendapatkan hal – hal semacam itu. Pada zaman dahulu, mereka tidak bisa bertatap muka dengan ornag yang jauh kecuali bertemu langsung dengan mereka, saat ini telah tersedia teknologi bernama video call yang bisa membuat kita betrtatap muka dengan orang yang jaraknya jauh dari kita, hal ini merupakan suatu perkembangan yang baik selama tidak disalahgunakan oleh orang – orang yang bertanggung jawab. selain itu, dengan adahal video call membuat orang – orang malas untuk berkunjung, dan meluangkan waktu untuk bertemu secara langsung baik dengan keluarga maupun teman. Mereka bisa bertatap muka dengan aplikasi ini. Sebenarnya hal ini juga bukan hal yang baik bagi kita, karena dapat menjauhkan silaturahmi. Selain itu ada banyak lagi perkembangan teknologi yang terlihat menguntungkan kita akan tetapi sebenaranya justru mergikan kita serta menjauhkan kita dari orang – orang di sekitar kita. Oleh karena itu kita sebaiknya menggunakan teknologi moderen secara baik dan bijak sehingga perkembangan ini menjadi sebuah kemajuan dan bukanya kemnduran.






Nah, demikianlah artikel kali ini tentang paragraf pertentangan. Intinya, paragraf pertentangan adalah paragraf yang memiliki gagasan utama suatu benda atau hal yang saling bertolak belakang. Selain contoh di atas, Sobat juga dapat membaca contoh paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf campuran, dan paragraf ineratif

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel-artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Baca Karangan Argumentasi tentang Korupsi Terbaik !

Contoh karangan argumentasi tentang Korupsi – Halo Sobat Bahasa ! Kalian telah mengetahui apa itu karangan argumentasi kan? Tentu saja karena kita telah mengulas tuntas tentang paragraf argumentasi pada artikel sebelumnya. 
Nah, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh karangan argumentasi tentang korupsi terbaik. Karangan ini ditulis berdasarkan pendapat pribadi tentang cara yang dapat dilakukan dalam menghentikan korupsi. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah karangan argumentasi korupsi. Selamat membaca!

Upaya Pemberantasan Korupsi


Korupsi merupakan hal yang tidak lagi asing di telinga kita karena saudah banyak sekali kasus korupsi yang terjadi di Indonesia sehingga kita pun seerti biasa mendengar istilah tersebut. Korupsi merupakan kegiatan ilegal yang melakukan penyalah gunaaan kuasa serta dana yang yang seharusnya digunakan untuk hal yang di tetapkan. Orang yang melakukan korupsi disebut koruptor atau bahasa lainnya tikus kantor. Kegiatan korupsi ini sangatlah merugikan banyak pihak, karena mereka menggunakan hak orang untuk kepentingan mereka sendiri.

Pemerintah Indonesia telah berusaha menghentikan aksi korupsi ini dengan berbagai cara akan tetapi tetap saja masih banyak koruptor – koruptor yang masih melakukan aksi ini. Sebaiknya pemerintah bukan hanya menangkap serta menghukum mereka akan tetapi, pemerintah harus mulai mencabut akar – akar korupsi. Ada beberapa cara yang sebaiknya dilakukan pemerintah dalam menghapuskan korupsi selain memberi  hukuman penjara.

Yang pertama yaitu pendidikan yang baik bagi warga Indonesia khususnya pemuda. Pendidikan adalah hal terpenting dalam masa depan bangsa khususnya pendidikan bagi para pemuda Indonesia yang mana akan melanjutkan perjuangan indonesia di masa depan. Pendidikan bukan hanya soal pengetahuan akan tetapi karakter. Untuk menghindari tindak korupsi, maka hal yang terpenting sebagai tindakan prefentif yaitu penguatan karakter bangsa.

Pendidikan karakter sebenarnya lebih penting dari pada penekanan pada ilmu pengetahuan. Dengan karakter yang kuat, mereka tidak akan melakukan tindakan yang salah seperti hal nya korpsi. Pengenalan korupsi sebaiknya di lakukan lebih awal kepada genaerasi – geerasi bangsa sehingga mereka tahu dan sadar bahwa korupsi itu bukanlah hal yang benar. Dengan penekanan pada pendidikan karakter ini semoga dapat lebih menguangi tingkat korupsi di Indonesia.

Cara yang kedua yaitu hukuman kerja sosial bagi pelaku korupsi, selain penjara. Pelaku korupsi selama ini hanya dihukum di penjara saja sehingga tidak mereka tidak medapatkan pengajaran apa – apa setelah keluar dari penjara. Mereka mungkin jera, tapi mereka jera karena takut di  masukan kepenjara lagi, bukan karena merasa bersalah dan menyadari bahwa ia memang salah. Dalam hal ini, sebaiknya pemerintah menciptakan hukuman baru yang lebih bermanfaat bukan hanya bagi pelaku akan tetapi juga orang lain.

Kerja sosial selama hukuman dapat memberikan efek jera serta menyadarkan pelaku akan kesalahan dari perbuatanya itu. Kerja sosial yang dapat mereka lakukan ada banyak contohnya menyapu jalan, dengan ini mereka akan sadar sulitnya rakyat kecil mencari uang yang tidak seberapa. Sedangkan uang yang seharusnya menjadi hak para rakyat kecil itu, diambilnya tanpa berfikir panjang. Setelah para pelaku napi melakukan hal seperti itu, tentu mereka mendapat pelajaran atas pekerjaaanya. Apabila hal ini dianggap terlalu beresiko maka dalam melakukan kerja sosial ini sembari di awasi dengan ketat oleh polisi. Ada banyak jenis pekerjaan sosial yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran para napi sehingga mereka bisa lebih waspada dalam melakukan segala sesuatu.

Korupsi merupakan permasalahan karakter yang terjadi di banyak negara khususnya Indonesia yang sedang krisis kepribadian ini. Masalah karakter bisa diselesaikan dengan pendidikan karakter bukan hanya kurungan saja. Dengan memberikan pengertian – pengertian moral dan penekanan pendidikan karakter pada pelaku korupsi dan pemuda calon penerus bangsa maka diharapkan dapat memperbaiki keadaan indonesia yang memiliki tingkat korupsi yang sangat tinggi diantara negara – negara lain.






Nah, demikianlah karangan argumentasi terbaik tentang korupsi. Selain contoh di atas, Sobat pula dapat membaca contoh lainnya, seperti: karangan argumentasi tentang pendidikan, kesehatan, budaya, dan masih banyak lagi. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat dalam menulis karangan argumentasi. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Paragraf Ineratif: Pengertian, Ciri, dan Contoh Lengkap

Pengertian Paragraf Ineratif dan Contohnya – Sobat, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan paragraf ineratif ? Nah, artikel kali ini akan membahas tuntas mengenai jenis paragraf yang satu ini, dimulai dari pengertian paragraf, ciri-ciri paragraf, dan contoh-contoh paragraf ineratif. 

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi di bawah ini adalah ulasan khusus mengenai paragraf ineratif. Selamat membaca!


Paragraf Ineratif

Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang terdiri dari kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Sementara itu, paragraf ineratif yaitu paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat yang memiliki kalimat utama ditengah-tengah paragraf sebagai gagasan utama. 
Pengembangan paragraf ini dilakukan dengan pola khusus – umum – khusus, yaitu paragraf ini memiliki beberapa kalimat khusus diawal paragraf sebagai pengantar, kemudian terdapat satu kalimat di tengan paragraf yang berfungsi sebagai kalimat utama, lalu berikutnya terdapat beberapa kalimat yang menjelaskan dan mempertegas kalimat utama atau gagasan utama tersebut. 

A. Ciri-ciri Paragraf Ineratif

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Sobat sedikit mulai memahami, kan ? Nah, kali ini adalah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh paragraf ineratif. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Kalimat utama terletak di tengah paragraf sebagai gagasan utama
  2. Diawali dengan kalimat-kalimat yang mengandung hal-hal khusus sebagai pengantar gagasan utama
  3. Diakhiri dengan kalimat-kalimat yang juga mengandung hal-hal khusus sebagai penjelas dan penguat gagasan utama

 B. Penjelasan Paragraf Ineratif

Untuk memudahkan Sobat dalam memahaminya, perhatikanlah contoh paragraf ineratif berikut ini:
Tanaman padi menghasilkan beras yang kemudian dimasak menjadi nasi yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Tanaman tersebut dihasilkan oleh para petani yang bekerja keras menanam tanaman yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, petani merupakan pekerjaan yang sangat penting dan sangat berjasa bagi kita semua. Para petani inilah yang setiap hari pergi ke sawah untuk mengurus bahan pangan kita. Tanpa adanya para petani, tidak akan ada nasi yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tidak akan dapat tergantikan meskipun oleh makanan yang mengandung karbohidrat lain, seperti singkong, jagung, sagu, dan sebagainya, karena kandungan karbohidrat pada beras paling tinggi diantara makanan berkarbohidrat lainnya.
 
Penjelasan:
 
Kalimat pertama dan kedua pada paragraf diatas merupakan kalimat-kalimat penjelas yang menghantarkan kalimat utama. Kalimat utama terletak di tengah-tengah paragraf pada kalimat ketiga yang merupakan gagasan utama pada paragraf ini. Gagasan utama tersebut selanjutnya akan diperjelas dan diperkuat oleh kalimat-kalimat pendukung yang terletak setelah kalimat utama.
 

C. Contoh-Contoh Paragraf Ineratif

Nah Sobat, di bawah ini adalah 3 contoh paragraf ineratif yang dapat menginspirasi Sobat dalam menyusun paragraf ineratif.
Contoh 1
 
Banyak para pria yang yang memberikan bunga mawar kepada para pasangannya. Mereka menggunakan bunga mawar untuk menyatakan perasaan cinta atau sayang mereka kepada orang yang mereka sayangi. Tak heran, bunga mawar disebut sebagai bunga lambang cinta. Bunga mawar memiliki bentuk yang indah dengan kelopak-kelopaknya yang berbentuk unik. Bunga mawar juga memiliki warna yang indah dan beragam, seperti merah, kuning, putih, merah muda, serta warna campuran yang indah, seperti warna merah dan kuning, warna merah muda dan putih, dan sebagainya. Selain itu, bunga mawar juga memiliki bau yang harum yang dapat membuat senang siapa saja yang menciumnya.
 
Contoh 2
 
Buah naga banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas baik oleh kaum muda dan kaum tua. Buah naga juga banyak dikonsumsi oleh para penderita kanker sebagai obat terapi. Oleh karena itu, buah naga merupakan salah satu buah yang sehat untuk dikonsumsi. Buah naga memiliki kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena kandungan vitaminnya yang banyak, buah naga ini sering dikonsumsi karena memberi banyak khasiat. Beberapa khasiat dari mengonsumsi buah naga yaitu merawat kesehatan mata, menjaga penampilan, menjaga stamina tubuh, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan sebagainya. buah naga juga dapat dikonsumsi sebagai  obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kanker dan penyakit diabetes.
 
Contoh 3
 
Suhu bumi semakin hari semakin meningkat. Es yang berada di kutub-kutub bumi juga semakin hari semakin mencair dan berkurang jumlahnya. Selain itu, lapisan ozon semakin lama semakin menipis. Jika direnungkan lebih dalam, hal-hal seperti yang telah disebutkan sebelumnya merupakan efek dari pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena sinar panas yang dipancarkan matahari ke bumi tidak dapat dikeluarkan kembali oleh bumi akibat adanya lapisan yang menangkal keluarnya sinar matahari dari bumi. Lapisan tersebut mengandung senyawa yang disebut florokluorokarbon (CFC) yang dapat ditemukan di produk hair spray, di kulkas, AC, dan sebagainya. Pemanasan global dapat mengakibatkan efek jangka pendek, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dan efek jangka panjang, yaitu rusak dan musnahnya seluruh kehidupan makhluk hidup di bumi.

 


Demikianlah artikel kali ini. Intinya, paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di bagian tengah paragraf. Selain pembahasan di atas, Sobat pula dapat membaca penjelasan paragraf deduktif, paragraf induktif, dan campuran
Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembai pada artikel-artikel menarik lainnya

5 Contoh Paragraf Eksposisi Berita dan Pengertiannya

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Berita – Sobat, artikel sebelumnya kita telah membahas paragraf eksposisi dnegan tuntas. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasa salah satu jenis paragraf eksposisi, yaitu eksposisi berita. 
Baiklah, tanpa berlama-lama lagi. Di bawah ini merupakan pengertian paragraf eksposisi berita dan contoh-contohnya. Selamat membaca!

Definisi Paragraf Eksposisi 

Paragraf eksposisi berita merupakan bentuk pengembangan dari paragraf eksposisi yang memberikan informasi mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi atau mengenai hasil dari sebuah penelitian. Paragraf eksposisi berita memuat berbagai macam data lengkap yang berupa tabel, fakta, grafik, contoh, atau bentuk-bentuk data lainnya. Data-data tersebut bertujuan untuk memberikan alasan yang kuat pada informasi yang disampaikan dalam berita.
 

Contoh-Contoh Paragraf Eksposisi Berita

Nah, setelah membaca pengertian di atas, tentunya Sobat telah mengetahui apa itu paragraf ekpsosi berita kan ? Untuk membantu Sobat memahaminya, di bawah ini adalah 4 contoh paragraf eksposisi berita. 
Contoh 1
Penumpang Kereta Membludak 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 Surabaya memberangkatkan 32 ribu penumpang per hari sejak awal libur panjang akhir pekan ini. Jumlah penumpang pada hari libur panjang ini jauh lebih banyak dibanding jumlah penumpang pada hari biasa sekitar antara 20 ribu hingga 25 ribu penumpang. Tiket kereta api untuk keberangkatan hari ini hingga Sabtu sebagian besar sudah terjual, hanya tersisa lima persen saja. Sedang tiket kereta rute Surabaya ke Jakarta dan Bandung untuk keberangkatan Minggu sudah habis terjual. Sebagian besar pengguna kereta api yang berangkat dari Surabaya atau Malang hendak menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember atau Banyuwangi, Semarang dan Purwokerto. Untuk melayani penumpang, perusahaan menyediakan layanan kereta api jarak jauh dan menengah dari Surabaya dengan daya angkut sekitar 15 ribu orang per hari dan kereta api jarak dekat berkapasitas angkut 25 ribu orang per hari.

 
Contoh 2
Pemberhentian Peredaran Uang Euro
Bank sentral Eropa (ECB) memutuskan tidak akan lagi mengedarkan uang kertas pecahan 500 euro sejalan dengan surat keterangan dari Komisi Uni Eropa pada bulan Februari 2016 lalu terkait cara penggunaan uang kertas tersebut. Uang kertas pecahan 500 euro akan tetap menjadi alat tukar yang sah dan nilainya tidak berubah. ECB akan menghentikan peredaran uang kertas pecahan 500 euro pada akhir tahun 2018 mendatang. Hal ini karena pada periode tersebut ECB akan mengeluarkan uang kertas baru pecahan 100 euro dan 200 euro. Harvard Kennedy School, Amerika Serikat, telah merilis laporan pada awal tahun yang menyatakan bahwa 20 negara terbesar di dunia harus menghentikan peredaran uang kertas pecahan besar, seperti 50 euro, 100 dollar AS, dan 500 euro yang bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan. CEO dari Bank Standard Chartered mengatakan bahwa uang kertas berdenominasi besar disukai oleh kelompok teroris, gembong narkoba, dan para penghindar pajak.

 

Contoh 3
Perhatian Selena Gomez untuk LUPUS
Selena Gomez akan mendonasikan pendapatan dari tur nya untuk penelitian penyakit Lupus. Penyanyi berusia 23 tahun ini terpaksa membatalkan tur Star Dance pada tahun 2013 agar dapat menjalani kemoterapi untuk mengobati penyakit inflamasi kronis yang dialaminya. Perwakilannya menyatakan bahwa bintang muda ini berencana mendonasikan uang dari penjualan tiket konsernya ke aliansi penelitian penyakit lupus. Selena juga mengumumkan dirinya sehat, bahagia dan amat senang bisa kembali ke dunia hiburan. Selena berkata tur ini bergantung pada dirinya, suaranya dan apa yang ia katakan kepada penonton. Itu yang benar-benar ia inginkan. Selena tak sabar bertemu dengan penggemar di pertunjukannya. Ia berjanji ada sesuatu yang akan ia berikan untuk semua penonton.
 
Contoh 4
Pingsan 
Pingsan merupakan kehilangan kesadaran secara mendadak akibat penurunan aliran darah ke otak. Kondisi yang bisa menyebabkan pingsan antara lain gangguan jantung, misalnya irama jantung tidak teratur, kejang, kadar gula darah rendah, anemia, dan masalah pada sistem saraf yang mengatur tekanan darah. Ada beberapa gejala pingsan yang harus diwaspadai: (1) Tidak ada gejala sebelumnya, atau denyut jantung yang tidak beraturan. Hal ini bisa berarti penyebabnya adalah gangguan jantung dan butuh pertolongan medis segera. (2) Pingsan saat berolahraga. Walau seringkali tidak serius, tetapi kondisi itu juga bisa menjadi gejala gangguan jantung yang tak bergejala. (3) Ukuran bola mata tidak sama. Hal ini bisa menjadi tanda bahaya adanya tekanan di otak yang disebabkan oleh stroke, trauma, atau tumor. (4) Sakit kepala berat. Hal ini bisa menandakan adanya migrain atau stroke (5) Penglihatan ganda. Hal ini juga menandakan adanya migrain, atau stroke. (6) Nyeri perut atau punggung sebelum pingsan, hal ini bisa menjadi tanda aneurisme aorta atau dinding pembuluh darah yang langsung terhubung ke jantung mulai robek. 




Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian dan contoh paragraf eksposisi. Selain pembahasan di atas, baca pula paragraf eksposisi proses, paragraf narasi, paragraf persuasi, dan masih banyak lagi. Semoga artikel-artikel di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Definisi dan Contoh Esai Klasifikasi Jenis-jenis Guru Terbaik

Pengertian dan Contoh Esai Klasifikasi – Halo Sobat Bahasa ! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang salah satu jenis esai, yaitu esai klasifikasi, dimulai dari apakah yang dimaksud dengan esai klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh esai klasifikasi.
Baiklah, tanpa berlama-lama lagi di bawah ini adalah pembahasan mengenai esai klasifikasi dan contoh sebuah karangan esai klasifikasi. Selamat membaca!
 

Pengertian Esai Klasifikasi

Esai klasifikasi merupakan salah satu jenis esai yang bersifat informatif. Esai ini terdiri dari paragraf-paragraf yang berisi pengelompokan atau klasifikasi mengenai suatu topik bahasan berdasarkan acuan tertentu. Tujuan dari penulisan esai ini yaitu untuk memperjelas suatu topik dengan mengelompokannya berdasarkan asppek – aspek tertentu. Tujuan penulisan dari jenis esai ini adalah untuk memberi informasi kepada pembaca tentang suatu topik bahasan tertentu.
 

1. Karakteristik esai klasifikasi

a. Bersifat informatif

Esai klasifikasi hanya di gunakan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tanda ada maksud untuk mempengaruhi atau mengajak.
 

b. Menggunakan ungkapan penggolongan

Esai klasifikasi biasanya menggunakan ungkapan – ungkapan yang mengarah pada penggolongan, contohnya: dibagi, digolongkan, di klasifikasikan, dst.
 

c. Berisi tentang pengelompokan

Esai klasifikasi berisi pengelompokan – pengelompokan sesuatu, biasanya di kelompokan menjadi dua atau lebih.
 

2. Contoh esai klasifikasi.

Jenis – jenis Guru
Sebagai siswa kita selalu membutuhkan seorang guru sebagai panutan dalam belajar. Guru yang kita harapkan menjadi panutan kita tentu saja merupakan guru yang baik dan sesuai dalam menggunakan tehnik belajar. Akan tetapi, sayangnya ada banyak jenis guru yang kita temui selama kita belajar di sekolah dan mereka memiliki sifat serta metode yang berbeda. Kita dapat menggolongkan guru menjadi tiga berdasarkan metode mengajarnya. 
Yang pertama yaitu Guru  Killer, dalam setiap jenjang pendidikan kita pasti menemukan seorang guru yang akan dipanggil killer oleh murid – muridnya. Hal ini biasanya dikarenakan sifat dan metode mengajar guru tersebut. Guru killer seringkali marah apabila murid melakuan kesalahan atau melangar aturan, metode belajarnya pun tidak menyenangkan karena kebanyakan ia memaksa para siswa untuk mengerti apa yang diajarkan olehnya. 
Sifat guru killer juga biasanya tidak ramah dan ditakuti siswa karena seringkali memberikan hukuman, meskipun hukumanya bersifat edukatif. Guru killer menggunaka metode pembelajaran yang keras kepada siswa suapaya mereka tidak menganggap remeh suatu pelajaran dan serius dalam belajar. Ia juga biasanya sangat disiplin oleh karena itu ia tegas kepada siswa yang melanggar aturan. 
Jenis guru yang kedua yaitu Guru Serius, jenis guru ini biasanya jarang marah, dan memiliki toleransi yang lebih banyak pada kesalahan siswa dari pada jenis guru yang sebelumnya. Akan tetapi jenis guru ini juga biasanya tegas dalam mengajar tapi tidak dengan cara marah. Sifat guru ini juga tidak terlalu ramah tapi tidak ditakuti oleh siswa. Metode belajar yang digunakan tidak terlalu menyenangkan akan tetapi tidak menegangkan, dan malah terkesan membosankan. 

Jenis guru serius ini juga biasanya sangat disiplin. Selain itu jenis guru serius ini biasanya berfikir bahwa kegiatan belajar – mengajar adalah kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa yang berarti harus serius bukan bercanda ataupun memaksa. 

Jenis guru yang terahir yaitu Guru menyenangkan. Ini merupakan jenis guru favorit para siswa. Guru ini mrmiliki toleransi tinggi pada siswa, ia menggunakan metode belajar yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan dan menikmati kegiatan belajar – mengajar tanpa mengabaikan tugasnya untuk membuat siswa memahami materi pembelajaran. Guru ini biasanya lebih sering bercanda dalam mengajar dan biasanya juga lebih dekat dengan para siswa. 
Jenis guru ini beranggapan bahwa metode yang menyenangkan bisa membantu proses belajar siswa karena menghilangkan ketegangan dalam belajar. Para siswa juga biasanya lebih bisa memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh jenis guru ini. 
Berdasarkan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bawa ada tiga tipe guru di sekolah, yaitu guru killer, guru serius, dan guru menyenangkan. Namun, bagaimanapun juga guru adalah panutan serta berperan sebagai orang tua kita di sekolah. Meskipun mereka memiliki berbagai jenis metode belajar yang berbeda, akan teapi tujuan mereka sama yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.




Nah, demikianlah artikel kali ini tentang esai klasifikasi. Sobat, selain esai klasifikasi tentang guru di atas, baca juga contoh-contoh esai menarik lainnya, seperti esai argumentatif tentang korupsi, esai budaya, esai tentang pentingnya PAUD, dan masih banyak lagi. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang baik bagi Sobat dalam membuat esai. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Baca Penjelasan Kata Umum dan Khusus Beserta Contohnya !

Pengertian dan Contoh Kata Umum dan Khusus dalam Kalimat – Halo Sobat Bahasa ! Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kata umum dan kata khusus ? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang kedua jenis kata tersebut, dimulai dari pengertian, penjelasan, dan contoh penggunaan kata umum (Hipernim) dan khusus (Hiponim) di dalam kalimat.
Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah penjelasan tentang kata umum dan kata khusus bahasa Indonesia lengkap dengan contohnya. Selamat membaca!
 

Kata Umum dan Kata Khusus

Penggolongan kata dalam Bahasa Indonesia salah satunya adalah kata umum dan kata khusus. Kata umum atau yang disebut dengan Hipernim merupakan kata yang memiliki makna luas sehingga dapat digunakan dalam cakupan yang lebih luas dalam kalimat. Sedangkan kata khusus atau yang disebut dengan Hiponim merupakan kata yang memiliki makna lebih sempit dan terbatas sehingga cakupan pemakaiannya dalam kalimat terbatas pula.


A. Penjelasan Penggunaan Kata Umum dan Kata Khusus

Untuk lebih memperjelas pengertian penggunaan kata umum dan kata khusus, perhatikan contoh di bawah ini:
 
Contoh 1:
1. Ahmad membeli hewan peliharaan di sebuah toko hewan minggu lalu.
2. Ahmad membeli kucing di sebuah toko hewan minggu lalu.
 
Penjelasan:
 
Pada kalimat nomor 1, kata “hewan peliharaan” merupakan kata umum karena kata tersebut memiliki makna luas. Kata “hewan peliharaan” mempunyai cakupan luas dalam kalimat dan dapat berarti berbagai macam “hewan peliharaan”, seperti “kucing”, burung, kura-kura, dan sebagainya. 
Sedangkan pada kalimat nomor 2,  kata “kucing” merupakan kata khusus dari kata “hewan peliharaan” karena kata “kucing” memiliki makna sempit dan terbatas. Kata “kucing” merupakan kata yang memiliki makna salah satu jenis “hewan peliharaan”, sehingga penggunaannya dalam kalimat juga terbatas.

 

Contoh 2:
1. Para siswa sedang melihat proses pertumbuhan tanaman.
2. Para siswa sedang mengamati proses pertumbuhan tanaman.
 
Penjelasan:
 
Pada kalimat nomor 1, kata “melihat” merupakan kata umum karena kata tersebut memiliki makna luas. Kata “melihat” dapat memiliki beberapa kata khusus, seperti melirik, mengamati, menyaksikan, memandang, memelototi, menengok, dan memperhatikan. 
Sedangkan pada kalimat nomor 2, kata “mengamati” merupakan kata khusus karena kata tersebut merupakan salah satu kata khusus dari kata umum “melihat” yang memiliki makna terbatas dan menjelaskan secara lebih rinci.

 

B. Contoh Kata Umum dan Kata Khusus

Kata Umum    : Buah-buahan
Kata Khusus   : Apel, mangga, jambu, pisang, sirsak, buah naga, anggur.
 
Kata Umum       : Melihat
Kata Khusus : Mengamati, menengok, melototi, melirik, memandang, memperhatikan, menonton, menyaksikan.

Kata Umum    : Hewan ternak
Kata Khusus   : Sapi, kambing, ayam, bebek, domba.
 
Kata Umum  : Membawa
Kata Khusus : Menjinjing, mengangkut, mengangkat, membopong, memanggul, menggendong, menyeret.
 
Kata Umum  : Mendatangi
Kata Khusus : Mampir, mengunjungi, singgah
 
Kata Umum  : Sayuran
Kata Khusus : Kangkung, bayam, sawi, asparagus, kubis.
 
Kata Umum  : Menetap
Kata Khusus : Tinggal, menghuni, bersarang.

 

C. Contoh Kalimat Menggunakan Kata Umum dan Kata Khusus

1. Kata Umum  : Karya sastra
    Kata Khusus : Puisi
 
a. Tina sangat gemar membaca karya sastra saat ia memiliki waktu luang.
b. Tina sangat gemar membaca puisi saat ia memiliki waktu luang. 
 
2. Kata Umum  : Indah
    Kata Khusus : Cantik
 
a. Gadis di desa itu disukai oleh banyak lelaki karena wajah indahnya.
b. Gadis di desa itu disukai oleh banyak lelaki karena wajah cantiknya.

3. Kata Umum  : Unggas
    Kata Khusus : Bebek
 
a. Paman Ben akan memulai usaha ternak unggas minggu ini.
b. Paman Ben akan memulai usaha ternak bebek minggu ini.

4. Kata Umum  : Kendaraan
    Kata Khusus : Mobil
 

a. Setelah sekian lama menabung, akhirnya ayah dapat membeli sebuah kendaraan baru.
b. Setelah sekian lama menabung, akhirnya ayah dapat membeli sebuah mobil baru.

5. Kata Umum  : Pakaian
    Kata Khusus : Gaun
 

a. Seorang gadis yang tidak diketahui asalnya itu terlihat cantik di pesta malam ini dengan pakaiannya yang mewah berwarna biru.
b. Seorang gadis yang tidak diketahui asalnya itu terlihat cantik di pesta malam ini dengan gaunnya yang mewah berwarna biru.





Nah, demikianlah penjelasan artikel hari ini tentang kata umum dan kata khusus. Selain penjelasan di atas, Sobat juga dapat membaca artikel lainnya, seperti: penjelasan kata sandang, kata serapan, dan kata ganti. Semoga artikel-artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat dalam belajar bahasa Indonesia.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Bacalah Teks Wawancara dengan Pengusaha Singkat !

Teks wawancara dengan pengusaha – Halo Sobat Bahasa ! Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang metode dan jenis wawancara. Nah, Jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan sebuah contoh teks wawancara. 
Teks wawancara kali ini merupakan hasil wawancara dengan seorang pengusaha rumah makan. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi di bawah ini adalah teks wawancara singkat dengan pengusaha. Selamat membaca!

Teks Wawancara dengan Pengusaha

Pewawancara :  selamat malam Mbak, saya dari majalah Expose, saya ingin mewawancarai usaha Mbak, bisa minta sedikit waktu?
 
Narasumber  : oh iya selamat malam, silahkan Mbak, kebetulan saya sedang kosong.
 
Pewawancara : terimakasih Mbak, nama rumah makan ini kan Mie Raja Piring, dari mana Mbak mendapat ide ini?
 
Narasumber  : sebenarnya bukan saya yang memberi nama itu, tapi pemilik rumah makan ini kan saya cuma kerja aja di sini.
 
Pewawancara : oh begitu, apakah Mbak tahu kenapa ini dinamai Mie Raja Piring?
 
Narasumber  : saya kurang yakin sih tapi sepengetahuan saya, dinamai Mie Raja Piring karena menu – menu mie yang ada di sini disajikan dengan piring atau lebih tepatnya mangkuk yang terbuat dari pangsit makanya dinamai Mie Raja Piring.
 
Pewawancara : wah menarik sekali ya, menu di sini apa saja sih Mbak, apa cuma mie?
 
Narasumber  : oh tentu saja tidak, walaupun namanya Mie Raja Piring tapi kita ada berbagai macam menu, seperti berbagai macam masakan ayam, ikan, bakso, dan mie tentunya.
 
Pewawancara : banyak juga ya ternyata, tapi menu spesial di sini apa nih Mbak?
 
Narasumber  : menu spesial di sini Spageti Mangkuk Spesial, yaitu spageti yang di sajikan di atas mangkuk pangsit, jadi lebih menarik.
 
Pewawancara : kalau masakan ayam yang paling sering dipesan itu apa Mbak?
 
Narasumber  : kalau menu ayam yang paling sering dipesan itu Ayam Sambal Padang, itu paha ayam yang di masak kemudian dibumbui dengan sambal khas padang.
 
Pewawancara : wah, kalau minumanya ada apa aja nih Mbak?
 
Narasumber  : kalau minuman gak ada yng spesial sih, yah Cuma minuman – minuman biasa seperti soft drink terus cincau, kopi, teh, dan lain – lain sama kayak yang lain lah.
 
Pewawancara : kalau di lihat Mi Raja Piring ini selalau ramai ya Mbak, apasih trik – trik yang digunakan biar selalu ramai?
 
Narasumber  : sebenarnya saya juga tidak tahu ya, mungkin karena penyajian kami yang unik, tapi ada kita juga punya penawaran khusus sih untuk pembeli tertentu
 
Pewawancara : penawaran seperti apa Mbak?
 
Narasumber  : jadi untuk para pelajar atau mahasiswa kalau mereka memesan ayam panggang maka akan kami  berikan gratis es teh dengan syarat menunjukan kartu mahasiswa atau kartu pelajar. Dan ada satu promo lain yaitu untuk yang ulang tahun, maka kami berikan menu spesial kami yaitu Spageti Mangkuk Spesial secara cuma – cuma.
 
Pewawancara : wah, menarik sekali ya jadi ini nih trik yang digunakan, selain makanan yang bervariasi ada juga promo – promo menariknya nih. Nah sekarang harganya, gimana nih Mbak dengan harganya?
 
Narasumber  : kalo masalah harga kami menggunakan harga yang relatif standar mulai Rp. 8000,- sampai Rp. 20.000,- saja.
 
Pewawancara : wah selain menarik harganya juga ternyata pas di kantong ya, apalagi buat kantong mahasiswa. Saya penasaran, ada gak sih Mbak yang mengeluh karena masakan?
 
Narasumber  : ada Mbak, dan kami juga menyediakan kritik dan saran untuk dikirimkan ke nomor yang sudah tertera di menu. Jadi kalau ada yang mau komplain bisa mengirim pesan atau menelfon ke nomor tersebut. Jadi sebagai masukan buat kami juga, karena kami kan melayani pelanggan jadi pendapat pelanggan itu sangat penting.
 
Pewawancara : wah bener sekali itu Mbak, tempat makan yang baik memang yang mau menerima saran dan kritik. Oke terimakasih Mbak untuk waktunya semoga usaha ini semakin maju dan sukses.
 
Narasumber  : sama – sama Mbak, amin





Nah, demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks wawancara singkat dengan pengusaha. Selain contoh di atas, Sobat juga dapat membaca contoh lainnya, seperti: wawancara dengan guru, wawancara tentang lingkungan, dan masih banyak lagi. 

Baiklah sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang menarik untuk Sobat semua. Terimakasih telah berkunjung dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.